Kegigihan Dalam Organisasi Berhasil Melambungkan Namanya, Kini Ia Tercatat Sebagai Anggota Komisioner Bawaslu Sumsel, Berikut Kisahnya!!

SEMBILANNEWS, Palembang - Sukses adalah hak setiap orang,  perkaranya adalah bagaimana orang mengusahakan dirinya untuk bisa mencapai kesuksesan.

Dibalik pencapaian tersebut pasti terdapat sebuah proses panjang, sebelum akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Seperti kisah pria yang satu ini, dulunya ia hanya seorang mahasiswa biasa yang tak lepas dari proses belajar dan mengajar. 

Akan tetapi dengan pengembangan ilmu organisasi, perlahan namanya merangsak naik dan banyak dikenal banyak orang. 

Pria tersebut bernama Syamsul Alwi atau yang lebih akrab dipanggil Syamsul. 


Syamsul sendiri adalah alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang sekarang telah berganti menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).  

Saat dijumpai, Syamsul mengatakan ketika menginjak bangku perkuliahan ia memberanikan diri untuk terjun mengikuti organisasi. 

Masih Syamsul, ia menjelaskan kalau dirinya pernah menjadi Ketua Teater Aladin dan Sekretaris Seni Budaya Senat Mahasiswa. 

Seakan mulai menemukan jati diri, pria kelahiran 12 Juni 1976 silam tersebut akhirnya semakin aksis di dunia organisasi. 

Nama Syamsul pun mulai nampak mentereng, setelah ia juga ikut Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). 

"di organisasi saya banyak belajar", singkatnya. 

Hebatnya meski aktif di organisasi, Syamsul masih tetap bisa fokus dengan Mata Kuliah, bahkan ia tanpa kesulitan menyelesaikan Strata-1 nya. 

Pria yang telah menginjak usia 42 tahun itu, tercatat pernah mengikuti program Pemerintah Sarjana Bina Desa (SBD) dan Sarjana Penggerak Pembangunan Pendesaan (SP2A).

Ia juga berhasil menjadi Penyuluhan Agama Honorer (PAH) sampai mengikuti Da'i Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Sumatera Selatan.

Tidak berhenti disitu saja, ia juga pernah Mengikuti Jaringan Masyarakat Pemantau Pemilu (JAMPI) di tugaskan Daerah Ogan Komering Ulu pada tahun 1999.

Setelah selesai mendapatkan pengalaman dipemantau pemilu selanjutnya Syamsul berhasil menjadi Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (PANWASCAM) Sako Kota Palembang tahun 2003 sampai 2004.

Dengan sederet pengalaman tersebut selanjutnya Syamsul pun terpilih menjadi Ketua Komisioner Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Ogan Ilir Dua periode Pada tahun 2012 sampai 2016.


Puncaknya kini Syamsul menempati posisi sebagai Komisioner Divisi Penyelesaian Sengketa sekaligus Tim Pemeriksa Daerah DKPP unsur Bawaslu Sumatera Selatan masa tugas 2018 sampai 2023.

"kesungguhan belajar berorganisasi akhirnya bisa menjadikan saya seperti ini", tutupnya.

Editor: sembilannews
Wartawan: Razik

Ikalan atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel